Rabu, 10 April 2013


Bioteknologi

Bioteknologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan hidup . bioteknologi sudah terkenal dari tahun-tahun lalu , pada saat ini bioteknologi sering sekali digunakan dan sangat berkembang terutama di negara maju . kemajuan ini terbukti dengan banyaknya penemuan-penemuan . Bioteknologi secara umum berarti meningkatkan kualitas suatu organisme melalui aplikasi teknologi. Aplikasi teknologi tersebut dapat memodifikasi fungsi biologis suatu organisme dengan menambahkan gen dari organisme lain atau merekayasa gen pada organisme tersebut. Banyak juga jenis-jenis bioteknologi yaitu bioteknologi tradisional , bioteknologi konvensi dan bioteknologi modern .
Contoh bioteknologi :
    •        Perkawinan silang hewan singa dan harimau

Liger adalah hewan hybird hasil kawin silang singa (panthera leo) jantan harimau (panthera tigris) betina. Sosok liger adalah seekor singa besar yang tubuhnya bergaris seperti layaknya dan  harimau. Jenis ini merupakan yang keluarga kucing terbesar di dunia (untuk spesies murni, harimau Siberian adalah yang terbesar).
Seperti halnya harimau, tetapi tidak seperti singa, liger gemar berenang di air. Jenis hybird lainnya, keturunan harimau jantan dan singa betina disebut tigon.


    •     Perkawinan silang tumbuhan apel dan pir

Buah hibrida, hasil persilangan antara dua buah mampu menghasilkan varietas baru yang hadir dengan sisi-sisi unggulan, misalnya rasa manis serta daging buahnya yang besar. Seperti yang terjadi di Inggris, sebuah toko yang menjual buah, Marks & Spencer, menjadi tempat peluncuran buah hibrida yang bernama papple.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar