Minggu, 25 Oktober 2015

Tugas 2 : arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia

-          Arsitektur computer dan kognitif manusia

a.       Pengertian arsitektur computer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistemkomputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya)
b.      Struktur kognisi manusia
Menurut Piaget (1896) struktur kognitif merupakan mental framework yang dibangun seseorang dengan mengambil informasi dari lingkungan dan menginterpretasikannya, mereorganisasikannya serta mentransformasikannya
Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan.
c.       Kaitan antara struktur kognisi manusia dan arsitekur computer
Setiap kegiatan yang manusia lakukan pasti memiliki pola, mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Pola kegiatan manusia ini biasanya berupa Sama halnya dengan arsitektur computer. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa arsitektur computer atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, yaitu seperti saat computer mulai dinyalakan, terdapat interupsi-interupsi yang dilakukan oleh computer tersebut.
d.      Kelebihan dan kelemahan arsitektur computer dan struktur kognisi manusia
Apapun yang dilakukan komputer seperti operasi matematika dan logika diproses dengan sangat cepat dan tidak mampu ditandingi oleh manusia dengan baik. Begitupun sebaliknya apa yang mampu dilakukan manusia dengan baik seperti menyusun generalisasi, membuat kesimpulan, memahami pola-pola yang kompleks dan emosi tidak dapat dilakukan oleh komputer secara sempurna bahkan komputer tidak bisa melakukannya sama sekali.

Sumber:
Solso, L.R., Maclin, H.O., Maclin, K.M (2008), Cognitive Psychology (Eighth Edition). Jakarta: Erlangga
https://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer



Tugas 1 : Pengantar Sistem Informasi Psikologi

-          Pengantar sistem informasi
a.       Pengertian informasi
Abdul Kadir (2003) mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut sedangkan menurut Davis (dalam Al Fatta, 2007) Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang
b.      Pengertian sistem informasi
Istilah Pengertian Sistem informasi diartikan sebagai suatu sistem yang terintegrasi secara optimal dan berbasis pada komputer yang dapat menyajikan dan menghimpun berbagai jenis data yang akurat untuk bermacam kebutuhan. Pengertian Sistem Informasi adalah gabungan terorganisasi yang terdiri dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam suatu organisasi.
c.       Pengertian sistem informasi psikologi
sistem informasi psikologi adalah suatu bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi itu sendiri dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi.

-             Contoh kasus :
SPSS adalah program komputer yang dipakai untuk analisis statistika tapi bidang psikologi juga memakai SPSS untuk mengetahui apakah data tersebut  valid atau tidak.
-            Analisa : 
Misalnya seorang mahasiswa ingin mengkaji apakah ada perbedaan intelegensi pada kelompok umur remja di antara anak sulung, anak tengah, dan anak bungsu, setelah sudah mendapatkan datanya maka untuk mengetahui hasilnya menggunakan SPSS.

Sumber :
Al Fatta, Hanif, Analisis Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan. Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern, ANDI, Yogyakarta, 2007

Kadir, Abdul. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.